3 Oktober 2019 11:32 am

8 Bahan Rumahan Ini Bisa Bikin Mobil Lebih Berkilap, lho

8 Bahan Rumahan Ini Bisa Bikin Mobil Lebih Berkilap, lho
Mudah dijumpai, bahan rumahan ini bisa jadi alternatif cara mengkilapkan mobil yang kusam. Yuk, coba!

Mobil merupakan jenis kendaraan yang perlu mendapat perawatan secara berkala agar kondisinya tetap prima. Selain mengecek mesin dan komponen interior lainnya, Anda juga harus memperhatikan eksterior mobil agar tetap terlihat bersih dan kinclong meski sudah dipakai bertahun-tahun.

Ya, seiring berjalannya waktu, warna cat mobil akan memudar dan kusam karena pengaruh debu, polusi, panas matahari, dan hujan.

Selain melakukan perawatan eksterior mobil ke salon, Anda juga bisa mencoba cara mengkilapkan body mobil dengan bahan-bahan rumahan berikut ini.

1. Sampo Bayi.


Sumber : Tipkecantikan
Sumber : Tipkecantikan

Pada dasarnya segala jenis sampo rambut bisa dipakai untuk membersihkan eksterior mobil. Namun, Anda lebih disarankan memakai sampo bayi karena formulanya yang lebih lembut sehingga tidak merusak cat mobil.

Cara pakainya sama seperti Anda menggunakan sampo mobil. Tuangkan sampo bayi ke ember yang sudah diisi air bersih, lalu gunakan untuk mencuci mobil. Bilas dengan air sampai bersih dan keringkan menggunakan kanebo.

Sampo bayi tidak hanya efektif mengangkat noda dan kotoran pada body mobil, tapi juga menciptakan efek mengkilap sehingga kendaraan terlihat seperti baru.

2. Kondisioner Rambut.


Sumber : Tipkecantikan
Sumber : Tipkecantikan

Kehabisan sampo mobil di rumah padahal kendaraan akan dipakai? Kondisioner rambut bisa jadi alternatif yang bagus, lho.
Selain memberikan efek kinclong dan kilap, produk yang satu ini juga cukup aman dan tidak merusak cat mobil.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan kondisioner yang mengandung formula lanolin. Dijamin Anda akan terkesima dengan kondisi mobil yang super kinclong dan bersih setelah dicuci.

3. Baking Soda


Sumber : Healthline
Sumber : Healthline

Baking soda tidak hanya dipakai untuk membuat makanan, lho. Bahan rumahan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencuci mobil agar makin bersih mengkilap.

Caranya mudah; campurkan ¼ baking soda ke dalam botol berukuran besar, kemudian tambahkan larutan sabun pencuci piring secukupnya. Untuk menggunakannya, tuang segelas cairan baking soda ke dalam 1 ember air hangat, aduk, dan cairan bisa digunakan untuk mengelap mobil.

Selain murah, cairan baking soda juga bisa disimpan untuk pemakaian selanjutnya.

4. Minyak Tanah


Sumber : Republika
Sumber : Republika

Karat dan lengket bekas stiker pada mobil adalah noda yang cukup sulit dihilangkan. Hindari menggosoknya dengan benda tajam, kayu, dan sejenisnya karena ini akan menimbulkan efek baret yang akan memperburuk kondisi mobil Anda.

Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan minyak tanah. Caranya, pilih kain yang halus dan bersih, lalu basahi dengan cairan minyak tanah secukupnya. Gosokkan pelan-pelan pada permukaan mobil yang berkarat atau lengket. Noda pun akan hilang dengan cepat dan mobil kembali kinclong.

5. Minuman Bersoda


Sumber : Idntimes
Sumber : Idntimes

Permukaan kaca yang kotor pasti akan sangat mengganggu. Pada musim hujan terutama, kaca mobil akan ditempeli sisa air hujan bercampur debu yang biasanya susah dibersihkan.

Duh, ini akan sangat mengganggu perjalanan Anda pastinya.

Langkah yang wajib dicoba untuk membersihkan kaca mobil yang mulai buram dan kotor adalah menggunakan minuman bersoda.

Caranya cukup mengelap kaca dengan kain yang sudah dibasahi dengan soda. Kandungan di dalamnya sangat efektif mengikis kotoran yang menempel di permukaan kaca.

Kaca mobil pun jadi lebih kinclong dan jernih seketika. Di samping itu, minuman bersoda bisa juga lho dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan mobil yang berkarat.

6. Krim Tartar


Sumber : Tempo
Sumber : Tempo

Kaca mobil yang terkena minyak tidak cukup jika hanya dibersihkan dengan air dan sabun. Jika Anda tak punya stok produk pembersih kaca khusus di rumah, gunakan saja krim tartar.

Bahan ini sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca mobil.

Caranya dengan menuangkan krim tartar langsung pada permukaan kaca mobil yang kotor atau terkena minyak, lap, dan lanjutkan pembersihan dengan sabun dan air. Bilas sampai bersih. Mobil pun terlihat lebih bersih dan kinclong.

7. Cairan Pencuci Piring


Sumber : Wowkeren
Sumber : Wowkeren

Cara mengkilapkan mobil yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan sabun pencuci piring. Tips ini bisa menjadi alternatif yang mudah dan murah, terutama jika Anda kehabisan sampo khusus mobil.

Tidak hanya efektif mengangkat kotoran, sabun pencuci piring juga dapat mengangkat sisa pelumas maupun minyak pada body mobil yang umumnya sulit dihilangkan.

Namun ingat, hanya gunakan sabun pencuci piring cair, bukan yang bentuknya colek agar tidak meninggalkan noda putih. Langkah pembersihannya juga gampang.

Basahi dulu eksterior mobil dengan air bersih, lalu lanjut bersihkan dengan larutan pencuci piring. Gosok sampai kotoran terangkat dan mobil terlihat bersih. Bilas dan keringkan dengan lap/kanebo.

8. Vodka


Sumber : Independent
Sumber : Independent

Yap, Anda tak sedang salah baca. Vodka ternyata bisa jadi alternatif cara mengkilapkan mobil pada kondisi darurat saat air wiper atau washer fluid yang berfungsi membersihkan kaca mobil bagian depan habis.
Gunakan vodka merek apa saja yang tersedia di rumah, campurkan dengan air dan sedikit cairan pencuci piring. Kocok sampai semua bahan tercampur dan masukkan cairan ke dalam tabung washer fluid. Gampang sekali, kan?

...

Nah, itulah beberapa cara mengkilapkan mobil dengan bahan rumahan. Namun Anda tak perlu repot-repot lagi mempraktikkan cara-cara di atas karena sekarang sudah ada alternatif yang jauh lebih praktis dan ekonomis, yaitu dengan menggunakan produk pengkilap mobil.

Salah satu merek yang sangat direkomendasikan untuk perawatan kendaraan roda empat Anda adalah Armor XRainy dari Moormiles.

Produk ini akan menciptakan efek licin dan kilap pada body dan kaca mobil hanya dengan sekali poles. Armor XRainy akan membuat mobil lebih bersih, kinclong, dan terlindungi dengan efek daun talas.

Anda pun tidak perlu merogoh kocek sampai jutaan rupiah untuk coating dan melakukan perawatan khusus di salon mobil. Dengan Armor XRainy, mobil kesayangan Anda pun akan makin kinclong, awet, dan terlindungi seperti baru!




Rekomendasi news lainnya
Media Sosial
Contact Us
+6285156711829
admin@moormiles.com
Jl. Maospati - Solo, Kebayanan Pedakan, Bener, Kec. Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57252
@2024 Moormiles Inc.